Minggu, 24 Maret 2019

Manfaat Shalat yang Jarang Diketahui

Banyak kita temukan dalil menurut Al-Qur’an & As-Sunnah tentang keutamaan ibadah shalat. Akan namun, benar-benar mengherankan ketika kita jumpai kaum muslimin yg gak mengetahui atau pura-pura gak tahu mengenai keutamaan dan kedudukan ibadah shalat sebagai akibatnya melalaikannya.



Shalat menjadi penolong manusia terkait urusan agama & global

Allah Ta’ala berfirman,

“Jadikanlah tabah & shalat menjadi penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yg khusyu’.” (QS. Al-Baqarah [2]: 45)

Baca: Cara Sholat dan Bacaan Doa

Diriwayatkan menurut Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu, beliau menyampaikan,

“Dulu apabila ada kasus yg menyusahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau mendirikan shalat.” (HR. Abu Dawud no. 1420, hadits hasan)

Pahala & kebaikan yang akbar telah disiapkan buat hamba-Nya yang mendirikan shalat

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Lima shalat yg telah Allah Ta’ala wajibkan kepada para hamba-Nya. Siapa saja yang mendirikannya & tidak menyia-nyiakan sedikit pun darinya lantaran meremehkan haknya, maka beliau mempunyai perjanjian menggunakan Allah Ta’ala buat memasukkannya ke pada surga . Sedangkan siapa saja yg tidak mendirikannya, beliau tidak memiliki perjanjian menggunakan Allah Ta’ala. Jika Allah menghendaki, Dia akan Menyiksanya. Dan apabila Allah Menghendaki, Allah akan memasukkan ke dalam surga .” (HR. Abu Dawud no. 1420, An-Nasa’i no. 426 dan Ibnu Majah no. 1401, shahih)

Baca: Tata Cara Sholat

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Shalat adalah cahaya.” (HR. Muslim no. 223)

Yaitu cahaya pada hati, paras, cahaya pada alam kubur & cahaya dalam hari kiamat.

Diriwayatkan berdasarkan ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan mengenai shalat dalam suatu hari, kemudian mengatakan,

“Siapa saja yang menjaga shalat maka dia akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan dalam hari kiamat. Sedangkan siapa saja yg tidak menjaga shalat, dia gak akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan. Dan pada hari kiamat nanti, dia akan dikumpulkan bersama dengan Qarun, Fir’aun, Haman, & Ubay bin Khalaf.” (HR. Ahmad 2: 169 menggunakan sanad yang hasan)

Lihat juga: Bacaan Sholat dan Doa

Qarun merupakan simbol orang yg lalai lantaran sibuk menggunakan harta. Fir’aun lalai karena sibuk menggunakan kekuasaan & kerajaan. Haman (perdana menteri Fir’aun) lalai karena sibuk menjilat penguasa demi meraih jabatan yang tinggi. Sedangkan Ubay bin Khalaf sibuk dengan urusan perdagangan atau bisnisnya. Inilah gambaran orang-orang yang disibukkan dengan perkara global sehingga lalai menurut shalat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar